Wednesday, February 27, 2013

apakah sih kegunaan dari matematika dalam keahlian/profesi?

forex analisys
 on forex analysis global forex fx trader ben bernanke2 300x210 Bernanke ...
forex analisys image



dhankerdha


juga dalam kehidupan sehari2
berikan alasanya
jawab yang serius



Answer
Memang klo masih smp/sma belum kebayang gunanya belajar matematika buat menunjang profesi tapi sebenarnya banyak kok,buat yg jursan IPA, belajar integral,turunan dll dijamin dipake pas kuliah.
Yg banyak dipake di profesi itu udah matematika terapan dan biasanya dikombinasikan dengan cabang ilmu yg lain.

Contoh dlm keh sehari2 apa ya?

1.Ngitung duit,ngitung utang,togel ... termasuk gak ya? Byangin klo gak bisa ngitung duit.he..he..

2.Tahu khan yg namanya QUICK COUNT, biasa muncul di TV pas ada pilkada/pemilu, yg nama Quick Count gak asal itung suara aja tp ada metodenya, selain bisa tahu hasil pemilu lebih cepat Quick Count juga bisa mendeteksi adanya kecurangan dalam perhitungan suara (kayak pilkada Jatim kemarin tuh).

3.Bisa jg dipake buat ramal-meramal, tunggu dulu bukan yg iklan REG REG di TV itu, misal buat meramal (forecasting) harga saham/forex tgl 25 Nov, trus kita udah py data dr tgl 1 jan- 24 nov, lalu data diolah & dianalisis. Keliatan dr situ "pola" data dari saham shg kita bisa buat prediksi harga saham tgl 25 Nov. Ini namanya analisis teknikal. Emang gak sampe 100% akurat sih, tp bisa buat pertimbangan BUY,SELL or HOLD. Metode yg dipake byk mulai dr yg sederhana sampe yg rumit. Buat ramal cuaca jg bisa.

4.Ada juga aplikasi dibidang keamanan. Pernah lihat gak film yg ceritanya ada penjahat yg mukanya kerekam kamera trus wajahnya dicocokan di komputer kepolisian? Ini namanya FACE RECOGNITION, caranya gambar wajah seseorang "diterjemahkan" ke dalam angka2 lalu dianalisis shg kelihatan perbedaan karakteristik wajah orang satu dgn ygn lain sehabis itu dicocokan dgn gambar yg udah ada di komputer polisi. Jadi ketahuan kan siapa penjahatnya. Bisa juga dipake untuk sidik jari.

5.Sering khan jalan2 ke mall/supermaket. Pernah gak perhatiin layout barang2 yg dijual. Misalnya Susu kok di taruh di sebelah roti (cuma misal aja). Ini aplikasi dari MBA bukan Married By Accident Lho.. tapi Market Basket Analisys. Apaan tuh? Begini,setiap transaksi di supermaket kan pasti tercatat di kasir. Mereka py data, misalnya kalo konsumen X itu barang2 yg dibeli apa aja. Dari situ kan ketahuan kalo konsumen selain beli produk yg ini, dia juga beli produk apa aja. Contoh di atas misal kalo konsumen beli susu, dia juga beli roti. Trus data2 kayak gini dianalisis. Nanti ketahuan berapa persen yg beli susu PASTI juga beli roti. Ini contoh sederhana dari MBA. Lha hasil analisis itu yg dijadikan dasar bagaimana produk itu di tata (layout). Makanya klo udah tahu kayak gitu, susu didekatkan roti biar konsumen mudah nyarinya. Atau dijauhkan tetapi diantara kedua barang "diselipkan" barang promosi.Jadi barang promosi itu terlihat dan dibeli konsumen peluangnya lebih besar. Atau pernah denger/liat promosi kayak gini,harga gula 1 kilo 2.500 (cuma misal lho) padahal disupermaket lain harganya semua rata 2.900. Pertanyaanya? kenapa yg dipromosikannya kok gula, bukan yang lain? trus apa gak rugi jual harga segitu? ingat mereka py data! Gula yg dipromosikan karena pertimbangan MBA tadi, supermaket tahu barang yg cocok dipromosikan itu gula, dan 90% persen (misal) konsumen yg beli gula itu juga beli produk A, B ,C dan D. Sekarang logikanya, berapa peluang seseorang yg pergi ke supermaket trus cuma beli 1 kilo gula tanpa beli produk yg lain? Ada tp sangat kecil. Karena itu supermaket
menciptakan ILUSI. Boleh jadi supermaket tidak mengambil keuntungan (klo ada cuma sedikt) dari jualan Gula istilahnya cuma jual harga pokok. Ingat hasil analisis MBA 90% yg beli gula,juga beli produk A,B,C dan D. Nah disinilah ilusinya. Gula dibuat semurah-murahnya tetapi produk A,B,C dan D bisa jadi dijual lebih mahal dari
supermaket yg lain. Jadi sebenarnya sih sama aja,tp kan yg datang ke supermaket bisa lebih banyak shg penjualan di supermarket secara keseluruhan meningkat.

Apalagi yah??

6.Oh ya Om Google, Waktu nonton profil Google di MetroTV baru tau ternyata spy sebuah situs bisa tampil di hasil pencarian urutan no 1 dibanding situs lainnya itu butuh byk banget parameternya,sampe ribuaaan !!! yg pasti ini juga butuh analisis yg namanya DATA MINING, kalo untuk internet namanya WEB MINING. Dan gak sesederhana kelihatannya Lho ...!
(Oh Ya.. MBA itu masih termasuk DATA MINING, disebut mining = menambang, karena data yang dianalisis itu sangat buaanyak sampe bergiga-giga,bertera-tera).

Sebernya masih banyak sih aplikasi yg lebih advance, jd cukup itu aja dulu mungkin lainnya ada yg mau nambah???


Contoh profesi yg pake aplikasi dr matematika:

*penjudi (termasuk gak ya? pernah nonton film "21" kan? Kayaknya dari kisah nyata tuh )

*aktuaris: ini perpaduan antara matematika, statistik, dan ekonomi. biasanya kerjanya dibidang asuransi.

*statistisi: ini khusus beljar statistika, aplikasinya byk sprt bidang ekonomi,kesehatan (biostatistika),industri dll. kejanya di BPS, bank, instansi2 dll.

*guru/dosen,peneliti(research scientist).
*dan banyak deh...nyari aja di Om Google.



Powered By Y! Answer Blogger Poster

No comments:

Post a Comment

Post a Comment